Senin, 01 Agustus 2016

Tips-Tips Menjadi Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Agama

Menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama tidaklah seperti menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri lain, karena selain mahasiswa memang harus bisa melakukan apa-apa yang dibutuhkan secara sendiri atau mandiri menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama membutuhkan perjuangan yang keras apalagi yang memang tidak pernah yang namanya menjadi mantan santri atau memang pengetahuan agama yang kurang memadai, sungguh akan menyiksa hati. Terlebih lagi ketika diskusi mengenai ayat ini atau hadist itu yang kita akan kebingungan sendiri karena tidak pernah yang namanya berkenalan dengan hal-hal yang seperti itu.

Namun jangan sampai berkecil hati dan merasa menyesal masuk dalam Sekolah Tinggi Agama karena saya sendiri bukanlah mantan santri tetapi bisa enjoy aja tuh menikmati perkuliahan di Sekolah Tinggi Agama. Biar tidak penasaran bagaimana saya bisa merasa tidak kebingungan saat kuliah dan tidak merasa pusing ketika ada tugas saya akan berikan beberapa tips hasil dari pengalaman saya selama satu tahun kuliah di Sekolah Tinggi Agama.
1.      Memperbanyak teman 
Tips pertama ini sudah sangat umum kita ketahui bahkan sudah sering kita dengar. Tips ini saya dapatkan ketika pertama  kali saya masuk kuliah. Memperbanyak teman sangat menguntungkan bagi kita apalagi kalau rumah kita jauh atau bagi anak kosan yang jauh dari kampus. Untungnya tuh dimana? Disini ni untungnya, ketika ada Dosen yang tidak masuk atau berhalangan dengan adanya teman yang banyak kita akan memperoleh informasi dari teman kita. Memperbanyak teman tidak harus teman yang satu jurusan atau satu fakultas saja kalau bisa kita tuh punya teman disetiap fakultas dan jurusan meskipun tidak harus semuanya. Ikut organisasi juga bisa menambah teman, jadi ikutlah organisasi yang memang menurut kita itu baik.
2.      Mencari teman yang tepat
Mencari teman yang tepat sangat dibutuhkan bagi mahasiswa yang masuk di Sekolah Tinggi Agama, seperti namanya Sekolah Tinggi Agama maka perkuliahannya akan sering bertemu dengan yang namanya Bahasa Arab. Mempunyai teman mantan santri akan sangat menguntungkan terlebih teman yang sangat dekat dengan kita maka kita tidak akan merasa tidak enak ketika meminta bantuannya ketika ada tugas yang tidak kita mengerti berkaitan dengan perkuliahan.
3.      Mengenal kakak tingkat
Dengan mengenal kakak tingkat maka apa-apa yang kita tidak ketahui misalnya terkait dengan Dosen ataupun matakuliah yang akan kita jalani bisa saja kita mencari informasi kepada kakak tingkat. Dan kakak tingkat yang baik pastinya akan memberikan informasi yang kita butuhkan dan terkadang kalau kita memang dekat sekali dengan kakak tingkat kita bisa minta saran mengenai hal-hal yang tentunya mereka sudah pernah alami sebelum kita.
4.      Selalu mencari informasi
Menjadi mahasiswa kita dituntut untuk bisa mandiri hal yang terkait dengan perkuliahan harus kita lakukan sendiri. Misalnya saja untuk mendapatkan informasi, lain halnya dengan siswa yang biasanya informasi itu didapat atau guru langsung memberi tahu kepada siswa. Namun lain halnya ketika sudah menjadi mahasiswa, informasi itu harus kita cari sendiri beruntunglah kalau kita punya teman yang banyak. Karena informasi bisa datang dari teman kita. Dan rajin-rajinlah untuk mengunjungi papan pengumuman supaya tidak ketinggalan informasi.
Mungkin hanya sedikit yang dapat saya berikan mengenai tips menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama, namun dengan sedikit tips ini saya berharap akan bermanfaat bagi teman-teman yang memang membutuhkannya.

0 comments:

Posting Komentar