Selasa, 06 Juni 2017

Merubah Hidup Dengan Pola Pikir



Banyak dari kita terutama para kaum muda yang masih berpikir bahwa pola pikir seseorang akan berubah kelak ketika kita sudah mulai menginjak usia 30 tahun ke atas. Namun apakah iya semua orang bisa berubah ketika usia tersebut. Nyatanya tidak semua orang bisa. Maka apa yang harus kita lakukan?

Sebelum kita memang menginjak usia tersebut maka haruslah kita segera merubah pola pikir kita. Kapan usia yang tepat untuk bisa merubah pola pikir kita. Harusnya memang sejak kita mulai bisa melihat bahwa hidup ini tidak boleh terus bergantung kepada orang lain, terutama ialah kedua orang tua. Tapi banyak dari kita yang belum bisa berpikir untuk tidak bergantung kepada orang lain. Apa yang menjadi penyebabnya?
Keadaan yang nyaman dalam keluarga. Sehingga seolah semua yang kita inginkan bisa kita miliki. Namun hal itu akan berubah 180 derajat ketika apa yang kita inginkan sudah tidak bisa kita miliki. Karena orang tua yang sudah tidak bisa memberikannya lagi pada kita. Entah karena orang tua yang sudah meninggalkan kita atau karena faktor ekonomi yang tidak bisa mendukung keinginan kita lagi dan hal-hal yang lain.
Bagaimana dengan orang yang sudah lebih dari 30 tahun. Dan dia baru bisa menyadari bahwa hidupnya tidak boleh bergantung kepada orang lain. Apakah dia sudah dikatakan terlambat dalam berpikir?
Sebenarnya perubahan pola pikir seseorang tidak bisa kita ukur dengan umurnya. Terkadang dengan umur yang masih belia dia sudah bisa berpikir layaknya orang dewasa. Tapi tidak menutup kemungkinan yang sudah berumurpun kadang tidak bisa berpikir sesuai dengan umurnya.
Kemudian apakah dengan hanya merubah pola pikir kita bisa merubah hidup kita?
Tentu saja tidak! Tanpa adanya tindakan yang nyata dari kita hidup yang kita jalani ini tidak akan bisa berubah sendiri. Namun dengan berpikir kita bisa mengontrol semua tindakan yang kita lakukan. Kita bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan nanti seandainya tindakan kita tidak sesuai dengan hasil yang kita harapkan.

0 comments:

Posting Komentar